Kamis, 23 Januari 2014

PENDAPAT ULAMA TENTANG TAYAMUM DI PESAWAT


Latar Belakang Masalah
Terjadi perbedaan jama’ah haji dalam melakukan sholat di dalam pesawat, yaitu
1.      Melaksanakan shalat dengan cara sebisanya.
2.      Sholat dengan tayamum  
3.      Sholat dengan niat lihurmail wakti kemudian mengulanginya ketika telah mendarat.
Pertanyaan
Bagaimanakah tatacara sholat didalam pesawat menurut para ulama ?
Jawaban :
1.      Bagi orang yang dalam keadaan suci, maka dia wajib sholat dengan cara semampunya dan tidak wajib mengulang.
Ibaroh
مغني المحتاج ج 1  ص 249
 لو خاف راكب سفينة غرقا , أو دوران رأس فإنه يصلي من قعود ولا إعادة عليه ومنها ما لو كان به سلس بول لو قام سال بوله , وإن قعد لم يسل فإنه يصلي من قعود 
2.      Para imam mazhab berbeda pendapat tentang tayamum, seperti ibaroh di bawah ini
الميزان الكبرى ص 132
Bila kita memperhatikan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan dalam madhhab Syafi’i dan Hambali yakni bertayammum dengan menggunakan tanah, maka menurut mazhab ini tayammum yang dilakukan di pesawat terbang dengan menggunakan kursi sebagai alatnya dianggap tidak sah.
Dengan demikian orang yang berada dipesawat menurut Madhhab Syafi’i dan Hambali dihukumi sebagai orang yang kehilangan dua alat untuk bersuci (faqid al-tahurain). dalam hal ini ia tetap diwajibkan untuk mengerjakan shalat demi menghormati waktu Imam Baijuri berkata:
على فاقد الطهورين وهما الماء و التراب أن يصلي الفرض لحرمة الوقت ويعيده إذا وجد أحدهما
Bagi orang yang tidak suci (berhadats) dan tidak mendapatkan air dan tanah, maka ia harus melaksanakan shalat fardhu, demi menghormati waktu dan kemudian mengulanginya kembali jika telah mendapatkan salah satu dari keduanya. Tayammum di pesawat dengan menggunakan kursi sebagai alatnya tidak sah dengan memepertimbangkan tayamum didalam pesawat dianggap tidak memenuhi syarat tayammum   
موسوعة ج  14  ص 272
حكم فاقد الطهورين : 41 - فاقد الطهورين هو الذي لم يجد ماء ولا صعيدا يتيمم به , كأن حبس في مكان ليس فيه واحد منهما , أو في موضع نجس ليس فيه ما يتيمم به , وكان محتاجا للماء الذي معه لعطش , وكالمصلوب وراكب سفينة لا يصل إلى الماء , وكمن لا يستطيع الوضوء ولا التيمم لمرض ونحوه . فذهب جمهور العلماء إلى أن صلاة فاقد الطهورين واجبة لحرمة الوقت ولا تسقط عنه مع وجوب إعادتها عند الحنفية والشافعية , ولا تجب إعادتها عند الحنابلة , أما عند المالكية فإن الصلاة عنه ساقطة على المعتمد من المذهب أداء وقضاء .
موسوعة ج 21  ص 142
تراب التعريف : 1 - التراب : ما نعم من أديم الأرض . بهذا عرفه المعجم الوسيط , وهو اسم جنس. ولا يخرج المعنى الاصطلاحي عن المعنى اللغوي . ويفهم من كلام الفقهاء في باب التيمم أن الرمل ونحاتة الصخر ليسا من التراب , وإن أعطيا حكمه في بعض المذاهب ( الحكم التكليفي ) : أ - في التيمم : 3 - اتفق الفقهاء على أن التيمم يصح بكل تراب طاهر فيه غبار يعلق باليد , لقوله تعالى : { فتيمموا صعيدا طيبا فامسحوا بوجوهكم وأيديكم منه }
Sementara bila mengikuti pendapat kalangan Malikiyah dan Hanafiyah yang membolehkan tayammum dengan menggunakan semua bagian bumi maka tayammum dipesawat dengan menggunakan kursi dibolehkan dan shalatnya dianggap sah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.