Latar Belakang Masalah
Terjadi perbedaan jama’ah
haji dalam melakukan sholat di dalam pesawat, yaitu
1. Melaksanakan shalat dengan cara sebisanya.
2. Sholat
dengan tayamum
3. Sholat
dengan niat lihurmail wakti kemudian
mengulanginya ketika telah mendarat.
Pertanyaan
Bagaimanakah tatacara sholat
didalam pesawat menurut para ulama ?
Jawaban :
1. Bagi orang yang dalam keadaan suci, maka dia wajib sholat
dengan cara semampunya dan tidak wajib mengulang.
Ibaroh
مغني المحتاج ج 1
ص 249
لو خاف راكب سفينة غرقا ,
أو دوران رأس فإنه يصلي من قعود ولا إعادة عليه ومنها ما لو كان به سلس بول لو قام
سال بوله , وإن قعد لم يسل فإنه يصلي من قعود
2. Para imam mazhab berbeda pendapat tentang tayamum,
seperti ibaroh di bawah ini
الميزان الكبرى ص 132
Bila kita memperhatikan ketentuan-ketentuan yang telah
ditetapkan dalam madhhab Syafi’i dan Hambali yakni bertayammum dengan
menggunakan tanah, maka menurut mazhab ini tayammum yang dilakukan di pesawat
terbang dengan menggunakan kursi sebagai alatnya dianggap tidak sah.
Dengan demikian orang yang berada dipesawat menurut
Madhhab Syafi’i dan Hambali dihukumi sebagai orang yang kehilangan dua alat
untuk bersuci (faqid al-tahurain). dalam hal ini ia tetap diwajibkan untuk
mengerjakan shalat demi menghormati waktu. Imam Baijuri
berkata:
على فاقد الطهورين وهما الماء و التراب أن يصلي الفرض لحرمة الوقت
ويعيده إذا وجد أحدهما
Bagi
orang yang tidak suci (berhadats) dan tidak
mendapatkan air dan tanah, maka ia harus melaksanakan shalat fardhu, demi
menghormati waktu dan kemudian mengulanginya kembali jika telah mendapatkan
salah satu dari keduanya. Tayammum di
pesawat dengan menggunakan kursi sebagai alatnya tidak sah dengan memepertimbangkan tayamum didalam
pesawat dianggap tidak memenuhi syarat tayammum
موسوعة ج 14 ص 272
حكم فاقد الطهورين : 41 - فاقد الطهورين هو الذي لم يجد ماء ولا
صعيدا يتيمم به , كأن حبس في مكان ليس فيه واحد منهما , أو في موضع نجس ليس فيه ما
يتيمم به , وكان محتاجا للماء الذي معه لعطش , وكالمصلوب وراكب سفينة لا يصل إلى
الماء , وكمن لا يستطيع الوضوء ولا التيمم لمرض ونحوه . فذهب جمهور العلماء
إلى أن صلاة فاقد الطهورين واجبة لحرمة الوقت ولا تسقط عنه مع وجوب إعادتها عند
الحنفية والشافعية , ولا تجب إعادتها عند الحنابلة , أما عند المالكية فإن الصلاة عنه
ساقطة على المعتمد من المذهب أداء وقضاء .
موسوعة ج 21 ص 142
تراب التعريف : 1 - التراب : ما نعم من أديم الأرض . بهذا عرفه المعجم
الوسيط , وهو اسم جنس. ولا يخرج المعنى الاصطلاحي عن المعنى اللغوي . ويفهم من كلام
الفقهاء في باب التيمم أن الرمل ونحاتة الصخر ليسا من التراب , وإن أعطيا حكمه في
بعض المذاهب ( الحكم التكليفي ) : أ - في التيمم : 3 - اتفق الفقهاء على أن
التيمم يصح بكل تراب طاهر فيه غبار يعلق باليد , لقوله تعالى : { فتيمموا صعيدا طيبا فامسحوا
بوجوهكم وأيديكم منه }
Sementara bila mengikuti pendapat kalangan Malikiyah dan Hanafiyah yang
membolehkan tayammum dengan menggunakan semua bagian bumi maka tayammum
dipesawat dengan menggunakan kursi dibolehkan dan shalatnya dianggap sah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.